Interview Berkali-kali Tapi Belum Diterima Kerja, Inilah 5 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara Kerja


Wawancara kerja menjadi satu tahapan yang menentukan saat seseorang sedang melamar pekerjaan. Mempersiapkan segala persiapan secara matang agar wawancara kerja berjalan lancar, memang wajib dilakukan. Mulai dari penampilan, materi wawancara, pengetahuan umum, pengetahuan bidang akademik, dan pengetahun mengenai perusahaan terkait.

Namun, semua itu mungkin akan jadi sia-sia jika kamu memberikan kesan buruk pada pewawancara hanya karena bahasa tubuh yang dilakukan. Bahasa tubuh di sini sangat penting karena bisa mempengaruhi kesan yang orang lain lihat tentang dirimu. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa bahasa tubuh bisa mencerminkan perasaan seseorang. Nah agar kamu bisa menunjukkan sikap positif ke pewawancara dan menghindari kegagalan hanya karena bahasa tubuh yang keliru, segera tinggalkan beberapa kebiasaan tersebut.

Berikut 5 kesalahan bahasa tubuh yang sering dilakukan pada saat melakukan wawancara dilansir dari liputan6.com, mulai dari kontak mata, posisi tubuh hingga cara memperbaiki rambut Anda.  Hindari 5 kesalahan ini pada wawancara Anda berikutnya.

Tonton Video 5 Kesalahan Tubuh


1. Postur Tubuh Yang Buruk


Duduk dengan postur tubuh menjauh ke belakang menunjukkan kesan malas atau sombong. Sementara condong ke depan ialah agresif dan membungkuk memberikan kesan malas. Untuk menimbulkan kesan yang netral, menurut para ahli,  duduklah tegak seperti ada tali yang yang menghubungkan kepala Anda dengan langit-langit.

2. Mata Licik


Friedman mengatakan gerakan mata ke atas dapat memberikan kesan seseorang sedang berbohong atau tidak percaya diri. "Sangat penting untuk melihat seseorang secara langsung ke matanya untuk  menyampaikan keyakinan dan kepastian," ungkap Friedman.

3. Menaruh Tangan di Saku atau di Belakang



Menjaga kedekatan dan terbuka sangat penting saat Anda sedang melakukan wawancara, jadi jangan coba untuk mengontrol gerakan atau gugup dengan menjaga tangan Anda tetap berada di belakang. Terutama saat Anda mulai berbicara.

"Menjaga tangan Anda dalam saku Anda atau di belakang punggung menghambat gerakan dan membuat Anda terlihat kaku," jelas Friedman.

4. Mengangguk Berlebihan


Terlalu berlebihan menganggukkan kepala dapat membuat fokus pewawancara menjadi terpecah. Kebiasaan ini sangat sering dilakukan wanita. Mengangguklah sekali atau dua kali, jangan lupa diselipi dengan senyuman.

5. Kehilangan Kontak Mata


Jagalah kontak mata Anda dengan tidak terlalu sering berkedip.  Kita memang cenderung merasa tidak nyaman melakukan kontak mata dengan seseorang terlalu lama.  Jangan tatap, tetapi cobalah untuk menahan pewawancara menatap Anda untuk satu dua detik sebelum pergi. Lakukan ini terutama ketika berjabat tangan.

Nah itulah 5 Kesalahan yang paling sering dilakukan pelamar kerja saat wawancara. Share artikel ini ya supaya membawa manfaat kepada banyak orang dan pelamar kerja.

Baca Juga Artikel Lainnya

Cara melamar kerja, kesalahan saat wawancara, supaya lancar saat wawancara, supaya diterima kerja, wawancara kerja yang baik.

3 komentar


EmoticonEmoticon