Rencana Pengaktifan Kembali Jalur Kereta Api Rangkasbitung - Bayah



Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. Meskipun propulsi historis mesin uap mendominasi, bentuk-bentuk modern yang paling umum adalah mesin diesel dan listrik lokomotif, yang disediakan oleh kabel overhead atau rel tambahan. Sumber energi lain termasuk kuda, tali atau kawat, gravitasi, pneumatik, baterai, dan turbin gas. Rel kereta api biasanya terdiri dari dua, tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam campuran. 
Seperti dikutip dari tangeranghits.com, rencana pengaktifan kembali atau reaktivitas jalur Kereta Api (KA) Rangkasbitung-Bayah sepanjang 150 kilometer pada tahun 2017 ditanggapi positif Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak.
Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pihaknya akan mendukung penuh agar pengaktifkan kembali jalur KA tersebut berjalan lancar. Pemerintah Daerah kata Iti juga akan membantu proses pendataan pembuatan analisis dampak lingkungan (Amdal) dan perencanaan lain.

"Kami berharap pembangunan jalur KA berjalan lancar dan warga yang menempati tanah milik PT KAI ikhlas tidak menuntut ganti rugi," kata Iti.

Menurutnya, diaktifkannya jalur KA tersebut akan berdampak positif terhadap pemerataan pembangunan antara wilayah selatan dengan bagian utara Provinsi Banten.

"Ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kemajuan masyarakat yang tinggal di Selatan Kabupaten Lebak, sehingga akan sejajar dengan wilayah bagian utara Banten (Kabupaten Tangerang)," jelasnya.

Sementara itu, Kabag Administrasi Pembangunan Sekretariat Pemkab Lebak, Ajis, kepada awak media, kemarin, menambahkan, dukungan Pemkab terhadap reaktivitas jalur KA tersebut guna mendorong kemajuan wilayah, khususnya di Kabupaten Lebak bagian Selatan.

"Ya, Pemkab Lebak akan membantu pembangunan jalur KA, karena ini juga untuk mendorong perekonomian masyarakat," imbuhnya.(Nda)


EmoticonEmoticon