AWAS PENIPUAN!!! Inilah Ciri-ciri Lowongan Kerja Yang Tidak Aman


Hampir semua orang yang telah lulus sekolah menengah atas ingin bekerja, untuk mendapatkan pekerjaan itu kita mesti mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Karenanya tak sedikit lowongan yang abal-abal alias penipuan yang mengatas namakan perusahaan resmi atau melalui calo. Para pencari kerja bukan hanya dari lulusan baru saja, tetapi banyak juga orang yang berpengalaman. Supaya kita tak tertipu dengan harapan dapat bekerja di perusahaan, alangkah baiknya kita mesti hati-hati dan waspada terhadap lowongan kerja, panggilan interview, maupun calo yang mengiming-iming akan dimasukkan kerja di suatu perusahaan.

Untuk menghindari hal-hal seperti di atas, admin telah merangkum dari pengalaman dan berbagai sumber di internet.

1. Perekrutan Berbayar


 Ini mengharuskan kita membayar sejumlah uang kepada orang yang berjanji bisa memasukkan pelamar kerja ke suatu perusahaan. Bila orang itu meminta sejumlah uang kepada kita sebelum masuk kerja, admin menyarankan jangan percaya karena itu penipuan. Namun jika pembayaran itu dilakukan setelah kita resmi menjadi suatu perusahaan itu sedikit lebih baik, tapi tetap saja itu adalah penyogokan yang dalam agama atau hukum di negeri kita tidak diperbolehkan. Saran admin sih, kita jangan mau kerja yang berbayar.

2. Meminta Data Pribadi Tanpa Undangan Wawancara



Ketika kita diminta untuk memberi atau mengirimkan data pribadi kita misalnya akun bank, alamat rumah, kartu keluarga, dll, diharapkan anda berhati-hati terhadap hal ini karena bisa jadi orang yang meminta data ini akan digunakan untuk tindak kejahatan. Alangkah baiknya kalau anda berdiskusi lebih lanjut dan pastikan kalau orang itu tidak menipu.

3. Diterima Tanpa Proses Wawancara


Apabila kita menemukan hal yang seperti ini, kita mesti waspada karena bisa jadi penipuan.

4. Alamat Email dan Website Mencurigakan

•     Tidak adanya situs resmi atau media sosial perusahaan yang menjelaskan profil dan kegiatan perusahaan tersebut
•     Alamat email perusahaan yang gratis dan tidak sesuai dengan alamat email yang ada di situs resmi perusahaan tersebut
•     Korespondensi email yang tidak profesional dan tidak mencantumkan detil kontak perusahaan seperti nomor telepon dan alamat kantor

5. Undangan Interview di Hotel atau Tempat Pertemuan Tertentu



Jika kamu mendapatkan email undangan interview dari suatu perusahaan yang akan dilakukan di suatu tempat yang mencurigakan dan kamu disuruh untuk memesan tiket kepada agen travel terlebih dulu, kamu jangan langsung percaya itu, check re check kebenarannya. Kamu bisa check apakah benar itu email perusahaan resmi bisa heck di website dan lihat apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak.


Meskipun ada biasanya perusahaan akan mengingatkan pelamar kerja untuk berhati-hati terhadap pihak-pihak yang menyalahgunakan nama perusahaan tertentu dan perusahaan tidak pernah bekerja sama dengan suatu agen travel. Bukan hanya itu biasanya juga interview akan dilakukan sesuai alamat perusahaan kantor pusat ataupun kantor cabangnya.

Nah, itulah beberapa ciri-ciri lowongan kerja yang tidak aman atau Hoax alias penipuan, maka dai itu kita mesti hati-hati. Bagaimana menurut kamu? Komen yah dibawah, dan share artikel ini agar bermanfaat bagi orang banyak.

(Baca Juga : 5 Kesalahan Bahasa Tubuh Saat Wawancara)

Terima Kasih


EmoticonEmoticon