Pernah Menerima Pesan ini? AWAS HOAX!!! Inilah 5 Pesan Berantai Mengatasnamakan Whatsapp


Penipuan dapat terjadi melalui beberapa bentuk. Kita sering dihebohkan pesan berantai dari WhatsApp yang mengatasnamakan perusahaan resmi. Penipuan yang mengatasnamakan perusahaan WhatsApp kian marak beredar. Pesan berisi penipuan mengancam pengguna WhatsApp. Penipu merayu pengguna WhatsApp untuk membayar biaya berlangganan aplikasi dan juga munculnya WhatsApp Premium atau WhatsApp Gold edition.

Padahal biaya berlangganan aplikasi yang disebar itu adalah penipuan belaka. Cara-cara ini digunakan penipu untuk menyebar virus pada smartphone dan juga untuk meraup keuntungan dengan iklan.

Inilah kumpulan pesan hoax di WhatsApp yang terus beredar:

1. WhatsApp Kadaluarsa


Ini adalah salah satu pesan penipuan yang masih beredar dan penerima masih saja ada yang belum menaruh kecurigaan. Jika Anda menemukan pesan seperti ini, segera hapus. Faktanya sampai sekarang WhatsApp yang kita gunakan masih gratis.

"Langganan Anda sudah habis masa berlakunya. Untuk verifikasi akun Anda dan berlangganan seumur hidup silahkan klik tautan ini".

Pengguna harus waspada terhadap penipuan baru yang mencoba mengecoh dengan mengatakan jika aplikasi WhatsApp yang digunakan habis masa berlaku. Para pengguna menerima pesan jika aplikasi WhatsApp yang mereka gunakan masa berlangganannya habis dan kedaluwarsa. Mereka menggunakan trik untuk bisa tetap menggunakan WhatsApp Anda harus melakukan pembayaran.

2. WhatsApp Gold Edition


Disebutkan, dengan memperbarui ke WhatsApp Gold, pengguna akan bisa melakukan panggilan video, mengirimkan 100 gambar sekaligus, dan menghapus pesan setelah mengirimnya pada pengguna lain.

Rupanya, aplikasi WhatsApp palsu pihak ketiga ini bisa mengunduh perangkat lunak berbahaya di perangkat yang mampu melacak pengguna serta mencuri data dan file pribadi.

Meski begitu, belum jelas berapa banyak orang yang telah menjadi korban. Penelusuran yang dilakukan oleh Telegraph tak menemukan adanya pembaruan WhatsApp Gold di Android maupun iOS. Adapun tautan situs yang menghadirkan pembaruan WhatsApp Gold menunjukkan laman error 404 ketika dicoba untuk dibuka.

Baca Juga ==> Promo Diskon Furniture

3. WhatsApp Gift Card



Dapet voucher gratis dari Starbucks, Mcdonald, IKEA, H&M, KFC, sampe Zara? Siapa yang tidak ngiler, apalagi nominalnya bisa sampe $500 dan Anda cuman cukup isi survey singkat doang.

Itu adalah survey palsu sejenis scam yang hanya ingin mencuri data pribadi dari Anda, data pribadi yang masuk akan dijual belikan oleh mereka. Nah dengan nawarin hadiah ini, biasanya kewaspadaan Anda berkurang da yang lebih parah, makin kesini tawaran gift card-nya juga makin banyak.

Jika Anda menemukan pesan seperti itu, lebih baik hapus dan jangan disebarakan.

4. WhatSapp Color



Pesan tipuan ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Reddit, yuexist. Begitu pesan diterima, si pengguna diminta membagikan pesan tersebut kepada 12 temannya untuk mengaktifkan dan memverifikasi fitur warna itu. Setelah verifikasi selesai, korban diberi tahu bahwa warna WhatsApp hanya dapat digunakan di desktop dan untuk membuat fitur baru ini bekerja, mereka diminta memasang ekstensi bernama BlackWhats dari Webstore Google Chrome.

Pesan dan ekstensi tersebut sebenarnya palsu dan berakhir dengan terpasangnya iklan jahat sekaligus menginfeksi 12 orang lainnya di saat yang bersamaan.

Dilansir dari Tempo.co.id, kejadian ini bukanlah kali pertama pengguna WhatsApp menjadi korban pesan scam. Awal tahun ini sebuah pesan hoax dikirim jutaan kali yang menyatakan bahwa "WhatsApp akan dikenakan biaya”. Kemudian pesan dilanjutkan untuk peringatan bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan biaya harian adalah meneruskan pesan itu ke setidaknya sepuluh kontak.

Pihak WhatsApp akhirnya mengkonfirmasi bahwa pesan tersebut hoax dan diminta untuk tidak meneruskannya. Ia memastikan bahwa layanan WhatsApp tetap gratis dan tak berbayar. WhatsApp menyarankan agar pengguna tidak berinteraksi dengan pesan yang menyuruh untuk meneruskan pesan yang berisi penawaran hadiah atau klaim dari WhatsApp itu sendiri.

"Kami selalu menyarankan Anda untuk memblokir pengirim, mengabaikan pesan dan menghapusnya," kata pernyataan pers WhatsApp Inc, perusahaan pengembang WhatsApp.

5. Pesan Berantai Pemberitahuan Final dari Varun Pulyani


Baru-baru ini muncul kembali pesan berantai yang mengklaim bahwa WhatsApp akan berbayar dengan mengirimkan pesan ini kepada 20 kontak di ponsel anda makan logo WhatsApp akan berubah menjadi "f"?. Bukannya logo f ini untuk facebook? Memang WhatsApp sebagian sahamnya dimiliki oleh facebook namun fitur yang ada didalamnya tidak ada perubahan, jika memang ada perubahan pasti di playstore bukan lewat pesan berantai.

Faktanya masih saja ada yang percaya. saran dari kami ketika Anda dapat info berantai dari aplikasi WhatsApp atau yangg lain cek lah terlebih dahulu di google.co.id cari info mengenai hal tersebut dan sekiranya banyak referensi media yg mengatakan bahwa pesan itu adalah hoax maka *STOP* penyebaran info tersebut. Berikut isi pesan nya:

✅ PEMBERITAHUAN FINAL
"Jangan tolak tolong bacalah dengan saksama" Halo, I. Am VARUN PULYANI direktur whatsapp, pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami bahwa kami telah menjual sesuatu ke Mark Zuckerberg seharga 19 miliar $. WhatsApp sekarang dikontrol oleh mark zuckerberg. Jika Anda memiliki setidaknya 20 kontak, kirim sms dan logo whatsapp Anda akan berubah ke ikon baru dengan f "facebook" dalam waktu 24 jam. Kirimkan pesan ini ke lebih dari 10 orang untuk mengaktifkan layanan baru Anda dengan layanan facebook atau akun Anda Akan dihapus dari server baru.

Ini adalah pemberitahuan terakhir! Halo semua, nampaknya semua peringatan itu nyata, penggunaan WhatsApp menghabiskan biaya dari musim panas 2017. Jika Anda mengirim string ini ke 20 yang berbeda pada daftar Anda, ikon Anda akan berwarna biru dan akan bebas untuk Anda. Jika Anda tidak percaya saya melihat besok jam 6 sore berakhir WhatsApp dan harus membayar untuk membukanya, ini adalah undang-undang Pesan ini untuk menginformasikan semua pengguna kami, server kami baru saja sangat padat, jadi kami meminta Anda untuk membantu Kami memecahkan masalah ini Kami meminta pengguna aktif kami untuk meneruskan pesan ini ke masing-masing orang dalam daftar kontak Anda untuk mengonfirmasi pengguna aktif kami menggunakan WhatsApp, jika Anda tidak mengirim pesan ini ke semua kontak Anda WhatsApp kemudian akan mulai menagih Anda. Akun Anda akan tetap tidak aktif dengan konsekuensi kehilangan semua kontak Anda. Pesan dari Jim Balsamic (CEO Whatsapp) kami telah menggunakan lebih dari penggunaan nama pengguna pada whatsapp Messenger. Kami meminta semua pengguna untuk meneruskan pesan ini ke seluruh daftar kontak mereka. Jika Anda tidak meneruskan pesan ini, kami akan menganggapnya sebagai akun Anda tidak valid dan akan dihapus dalam 48 jam ke depan. Tolong jangan abaikan pesan ini atau whatsapp tidak akan lagi mengenali aktivasi anda. Jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun setelah dihapus, biaya 25,00 akan ditambahkan ke tagihan bulanan Anda. Kami juga menyadari masalah yang menyangkut pembaruan gambar yang tidak ditampilkan. Kami bekerja dengan tekun dalam memperbaiki masalah ini dan akan segera berjalan secepat mungkin. Terimakasih atas kerjasama Anda dari tim Whatsapp "WhatsApp akan menghabiskan biaya dengan kami segera. Satu-satunya cara agar tetap bebas adalah jika Anda adalah pengguna yang sering, Anda memiliki setidaknya 10 orang yang sedang Anda ajak mengobrol. Untuk menjadi pengguna yang sering mengirim pesan ini ke 10 orang yang menerimanya (2 ticks) dan logo WhatsApp Anda seharusnya menjadi biru
Untuk menghubungkan yoursaap dengan facebook log in disini.

Nah itulah kumpulan Hoax yang beredar di masyarakat dan mengatasnamakan WhatsApp. Saran dari kami, apabila Anda menerima pesan-pesan seperti itu, kita harus cerdas teliti dulu kebenarannya. Jangan sampai kita jadi korban penipu yang memanfaatkan kelengahan kita.

Jangan Lupa share artikel ini supaya tidak banyak yang tertipu.

Benarkah whatsapp dikenakan biaya Hoax
Facebook akuisisi whatsapp



EmoticonEmoticon