Rumah Kecil Jadi Sumpek Jika Dekorasi Tidak Cocok, Inilah 5 Kesalahan Umum Pada Dekorasi Rumah Kecil

Rumah Sudah Kecil Jadi Sumpek Jika Dekorasi Tidak Cocok, Inilah 5 Kesalahan Umum Pada Dekorasi Rumah Kecil.
Banyak keluarga muda yang tinggal di perkotaan memiliki lahan terbatas untuk rumah mereka. Menciptakan dekorasi rumah kecil agar tetap terlihat cantik dan nyaman untuk ditinggali jadi gampang-gampang susah. Keterbatasan ukuran dan jumlah ruang membuat dekorasi rumah kecil perlu memerhatikan beberapa hal agar dekorasi rumah kecil tidak terkesan sumpek dan membosankan.
Bagi Anda yang sedang mencari ide untuk dekorasi rumah kecil, Anda harus pintar membuat konsep agar tidak melakukan kesalahan saat melakukan dekorasi rumah kecil. Sebaiknya kita simak dulu yuk, apa saja sih 5 kesalahan umum pada dekorasi rumah kecil berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Memiliki Konsep yang Jelas



Konsep yang jelas adalah satu hal paling penting sebelum mendekorasi rumah, terlebih lagi pada dekorasi rumah kecil. Sebelum melakukan banyak hal pada dekorasi rumah kecil, seperti memilih warna cat rumah atau memilih furniture terbaik, kita sebaiknya mengukur terlebih dahulu luas ruangan dan mengalokasikannya untuk fungsi yang tepat. Kamar tidur, dapur, toilet, ruang kerja semuanya sesuai dengan luas yang diperlukan.
Jika Anda bingung merancang dekorasi rumah kecil, berkonsultasilah pada mereka yang ahli, misalnya, seperti pada tim jasa design Cahaya Putri Furniture sehingga Anda bisa mendapatkan konsep yang cocok dan penghitungan yang tepat. Anda juga bisa mencari referensi lewat internet.

2. Mengabaikan Cahaya Matahari



Jangan pernah menghalangi sorot sinar matahari pada dekorasi rumah kecil. Supaya tidak terlalu menyilaukan, pasanglah tirai atau gorden tipispada jendela, jangan biarkan dekorasi rumah kecil punyamu minim pencahayaan sehingga tampak suram. Hal ini juga bisa membuat Anda lebih hemat listrik di siang hari lho.
Agar dekorasi rumah kecil terasa lebih luas, Anda bisa memasang sebuah cermin di seberang jendela untuk menyebarkan dan memantulkan cahaya. Ada beberapa trik dalam pemasangan cermin yang dapat membuat dekorasi rumah kecil lebih menarik.
Cermin pada backsplash membuat dapur lebih lapang, memasang cermin di seberang furnitur membuat pantulan permukaan jadi lebih menawan, sedangkan cermin besar pada dinding membuat ilusi jendela tambahan yang menjadi dekorasi rumah kecil.

3. Kesalahan Pada Corak dan Perpaduan Warna



Seringkali kita berpikir bahwa dekorasi rumah kecil harus didominasi warna putih. Dekorasi rumah kecil yang terasa lapang tidak perlu jadi membosankan. Anda bisa mengaplikasikan pilihan wallpaper dinding yang kreatif. Tapi, pastikan wallpaper itu tidak berbenturan warnanya dengan interior rumahmu ya.

4. Kesalahan dalam Pemilihan Furnitur


Memilih banyak furnitur berukuran kecil justru dapat membuat dekorasi rumah kecil milikmu tampak sesak. Ini adalah kesalahan menata ruang tamu kecil yang biasa dilakukan pemula. Jika Anda memiliki ruangan-ruangan beratap tinggi, jangan ragu untuk menempatkan sebuah lemari besar yang tinggi, hal ini justru akan membuat ruangan tampil luas.


Di sisi lain, pilihlah furnitur multifungsi pada dekorasi rumah kecil milikmu. Misalnya, Anda bisa memilih rak TV yang memiliki banyak slotuntuk menampung aksesoris ruang tamu, majalah, bahkan vas bunga. Jangan salah, meja TV sebetulnya serbaguna lho!

5. Memasang Hiasan Dinding di Sembarang Tempat



Hiasan dinding yang cantik sebenarnya dapat memperindah dekorasi rumah kecil. Namun bukan berarti hal tersebut bisa dilakukan pada semua sisi. Tempatkan saja sebuah lukisan atau kolase bingkai foto besar di salah satu sisi dinding untuk mempermanis dekorasi rumah kecil milikmu. Jika Anda punya beberapa ornamen hias, gantungkan pada salah satu sisi atas dinding dan jangan tempatkan terlalu rendah.
Di samping itu, Jangan menggantungkan lukisan kecil-kecil atau kolase foto pada setiap sisi, terutama jika foto atau lukisan tersebut tidak memiliki keseragaman tema.

Nah bagaimana menurut Anda? Itulah 5 kesalahan umum dekorasi rumah kecil. Baca juga Artikel dan prom Furniture di blog ini ya. Terima kasih.