Bagaimana Cara Menata Perabotan di Kamar Tidur yang Baik dan Nyaman?


Mengatur perabotan atau perkakas adalah seni. Ini adalah salah satu bagian terpenting dalam desain interior. Ini bukan untuk mengatakan lebih baik diserahkan kepada profesional, bukan. Setiap orang bisa mendesain ruang sendiri yang sempurna dengan sedikit pemikiran dan banyak eksperimen. Sebenarnya, mencari tahu bagaimana cara mengatur tempat baru Anda adalah bagian yang sangat menyenangkan.

Ketika harus mengatur perabotan di rumah Anda harus kreatif (dan bahkan segera membuang buku peraturan itu sesekali). Salah satu ruangan yang paling sulit di design yaitu kamar tidur, apalagi kalau kecil. Berikut ini Bagaimana cara mengatur perabotan atau Perkakas yang nyaman di Kamar Tidur Anda.

Tempatkanlah Perabotan yang Sangat Diperlukan

Sebelum Anda mulai menentukan di mana meletakkan perabotan, pikirkan perabotan yang Anda gunakan dan coba gunakan yang sangat diperlukan agar ruangan berfungsi.



Hal ini sangat penting dalam rumah minimalis, bila tidak ada banyak ruang yang luas, dengan menggunakan perabotan yang lebih sedikit akan membuat ruangan terlihat dan terasa jauh lebih luas dan nyaman. Jika ruangan Anda ekstra kecil, gunakan meja rias lebih tinggi dan rak untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan.

Tip cepat lainnya sebelum memulai: Jangan membeli perabotan baru sampai Anda mengatur perabotan yang sudah Anda miliki.


Dengan cara itu Anda akan tahu persis furnitur yang Anda butuhkan, bersama dengan dimensi dan gaya yang Anda cari.

Gambarkan Dulu Letak dan Posisi Perabotan yang dibutuhkan


Sebaiknya Anda bereksperimen dengan penataan yang berbeda di atas kertas sebelum Anda mulai memeindahkan furnitur di sekitar ruangan. Dengan cara itu Anda bisa menghilangkan beberapa pilihan yang tidak efektif tanpa berpotensi menggores lantai atau dinding Anda saat memindahkan meja rias Anda atau Lemari pakaian (percayalah, itu terjadi).

Ukur setidaknya barang terbesar Anda (tempat tidur, meja rias, lemari, rak, dll.), Serta dimensi ruangan Anda, lalu sketsa beberapa pilihan yang berbeda. Jika Anda bukan seniman, periksa aplikasi yang bisa melakukan pekerjaan untuk Anda. Cobalah Desain Rumah 3D (iOS) atau Floor Plan Creator (Android).

Pikirkan Fungsi



Sambil mencari tahu bagaimana mengatur perabotan di kamar tidur baru Anda, pikirkan gaya hidup Anda. Ini benar-benar dapat mempengaruhi di mana furnitur Anda diletakkan.

Misalnya, jika Anda cenderung menonton TV di tempat tidur, Anda pasti ingin menemukan tata letak yang sesuai untuk itu. Bukan cuma itu rencanakan jalan setapak Anda. Jika tempat tidur Anda menghalangi jalan Anda dari meja rias ke cermin, Anda mungkin akan sedikit terganggu untuk berjalan.

Mulai Berimajinasi

Setelah Anda siap untuk meletakkan pensil dan kertas (atau aplikasi), dan mulai mengatur, mulailah dengan tempat tidur Anda. Secara tradisional, tempat tidur diletakkan merapat ke dinding di seberang pintu.



Di kamar tidur kecil Anda temukan tempat untuk kasur Anda yang paling masuk akal, contohnya seperti gambar di atas.

Susun Perabotan dari yang terbesar ke yang terkecil

Bila Anda telah menemukan tempat yang menurut Anda paling sesuai untuk kasur Anda, susun semuanya dimulai dengan barang furnitur terbesar lalu yang lebih kecil. Biasanya lemari pakaian dulu lalu meja rias, lalu meja di samping tempat tidur, meja, rak, kursi, dan hal lain yang mungkin Anda miliki.


Tip kamar kecil: Jika lemari Anda besar, lihat apakah Anda bisa memasukkan meja rias Anda ke dalamnya tanpa terlihat sempit. Jika terlihat sempit jangan dipaksakan untuk tetap ditempatkan di kamar tidur Anda. Coba tata kembali perabotan apa saja yang sangat tidak penting di kamar tidur kecil Anda.

Tempatkan Karpet/Permadani dengan Benar

Meskipun bukan barang furnitur, penempatan karpet pasti tergantung pada tata ruang ruangan Anda.


Permadani atau karpet biasanya diletakkan di dua pertiga bagian bawah tempat tidur sehingga akan menciptakan area yang nyaman untuk diinjak saat Anda bangun dari tempat tidur. Jika tempat tidur Anda terselip di sudut, permadani Anda kemungkinan harus ditempatkan di tempat lain, seperti di samping tempat tidur atau di bagian tengah ruangan yang terbuka.

Jangan Takut Percobaan

Ada banyak panduan dalam hal bagaimana mengatur perabotan, tapi tidak ada cara yang salah untuk merancang tata letak kamar tidur Anda sendiri. Jika tempat tidur Anda diletakkan di bawah jendela, atau disamping meja rias, tidak apa-apa. Cari tahu apa yang terbaik untuk Anda dan ruang Anda.



Jika Anda mau, cobalah bereksperimen dengan layout yang berbeda selang beberapa minggu. Ketika Anda merasakan banyak pilihan tata ruang tempat tidur, biasanya Anda akan lebih suka dan nyaman pada salah satu layout saja. Nah, jika sudah seperti itu tetapkanlah sebagai layout favorit Anda.

Baca Juga:
5 Perabotan Yang Wajib dimiliki
Putih Itu Elegan, Inilah Inspirasi Design Kitchen Set Modern
Inspirasi Design Ruang Tamu Minimalis
Promo Gratis Ongkir Furniture

1 komentar so far


EmoticonEmoticon